Senin, 28 September 2009

KASIH

Allah sedang bekerja keras untuk menyatakan dalam kita buah Roh Kudus, yaitu sifat Yesus yang sangat indah. Jadi jenis buah apa yang sedang dicariNya dalam kehidupan kita?
1. Kasih, Tapi Jenis Apa?
Banyak jenis kasih, beberapa sangat mulia. Sebagai contoh dalam Alkitab dapat kita temukan kasih akan keluarga atau kasih akan teman, kasih untuk menjadi yang utama, kasih akan saudara dan saudari, cinta uang, kasih seorang wanita akan keluarganya, kasih sesama manusia, dan cinta akan kesenangan. Semua kasih itu adalah kasih manusia, 'phileo', tetapi kasih Allah yang besar adalah 'agape'. Dia mengasihi Anda tanpa syarat, tak berkurang dalam kegagalan dan tak berlebih dalam keberhasilan. Dia mengasihi Anda.
Allah sendirilah agape ! 1Yohanes 4.8.
Allah meng-agape Yesus Yoh.17.26.
Allah meng-agape orang-orang dengan cara yang sama dan menunjukkan agape melalui karunia AnakNya. Yoh.3.16, 1 Yoh. 4,9-10.
Bapa bahkan telah lebih meng-agape mereka yang mengasihi Yesus. Yoh 14.21.

Agape Dalam Tindakan
Dahulu ketika kita adalah orang berdosa Kristus mati untuk kita. Itulah kasih agape. Roma 5.8.
Lihatlah bagaimana Yesus menunjukkan kepenuhan kasih agapeNya dalam Yohanes 13,1-34.
Yesus memerintahkan kita meng-agape satu sama lain dan menunjukkan agape kepada tiap orang. Yoh.13.34,35; 1 Tes.3.12; 1 Kor.13.1-8.

Jadi Bagaimana Kehidupan Kasih Anda?
Apakah Anda memaksa untuk pergi, dengan agape? 2 Korintus 5.14-20
Apa yang harus dilakukan dengan agape. 1 Yoh.3.16-18
Dimana menemukan lagi agape. Roma 5.5
2. Sukacita - Dari Tuhan
Yesus diurapi dengan minyak sukacita, Ibrani 1.9. Yesus menyenangi orang-orang, pernikahan dan pesta. Satu kata dalam Lukas 10.21 berarti Dia melompat karena bersukacita, dan sukacita yang menduga telah menolong Yesus untuk memikul Salib. Ibrani 12.2.
Mengikut Yesus Membawa Sukacita
Lihat Lukas 10.17; Kisah 13.52
Kota-kota dapat mengalami sukacita. Kisah 8.8.
Sukacita adalah satu tujuan dari pelayanan.
Lihat Filipi 1.25 dan 2 Kor.1.24
Yesus menginginkan sukacitamu meluap keluar.
Anda akan menemukan bagaimana caranya dari Yoh.15.1-11.
3. Damai Sejahtera, Seperti Sungai
Kata-kata Alkitab 'eirene' dan 'shalom' artinya ketenangan bangsa, tak ada perang bahkan antar pribadi; keamanan, kemakmuran, kebahagiaan. Inilah damai sejahtera dari jiwa yang diselamatkan yang tanpa takut yang dari Allah, isinya kehidupan dan kepastian akan kekekalan. Yesus adalah Pangeran dari damai sejahtera, dan Dia memberikan damai sejahteraNya kepada mereka yang dalam kesukaran. Tak mengherankan Paulus selalu memulai surat-suratnya dengan doa untuk 'eirene'. Yesaya 9.6; 2 Tes.3.16;Lukas 7.50, 8.48.
Bagaimana Menemukan Damai Sejahtera Dari Allah
Dari janji dalam Filipi 4.1-7.

Tetaplah hubungan itu manis
Gaya hidup pujian dalam segala keadaan
Ketahuilah bahwa Tuhan dekat untuk menemui Anda
Jangan kuatir, melainkan berdoa dan tanya Allah
Damai sejahteraNya akan mengawal hati dan akal
4. Berikan Aku Kesabaran, Sekarang!
Inilah kata 'makrothumia' yang artinya penderitaan yang lama, daya tahan, dan menjaga temperamen Anda untuk waktu lama dalam menghadapi provokasi. Kata ini mengandung arti penderitaan yang datang ketika kita menantikan untuk waktu yang lama akan orang-orang yang keras hati untuk datang kepada Kristus, seperti Allah sendiri menderita lama ketika kita menunda untuk mengenal Dia. Roma 2.4, 9.22.
Dengan Iman, Dan Dengan Kesabaran
Kita menerima janji-janji Allah. Ibrani 6.12
5. Kemurahan Dan Kebaikan
Pertama ialah 'chrestotes', kemurahan atau kebaikan dalam belas kasihan, dan 'agathosune' yang artinya melakukan apa yang baik ke dalam tindakan.
Yesus Murah Hati Dan Baik
Yesus 'chrestotes', murah hati dan lembut kepada seorang wanita yang berdosa tapi bertobat, namun Dia juga menempatkan kebaikan 'agathosune' ke dalam tindakan ketika Dia membersihkan bait Allah. Lukas 7,37-50, Matius 21,12-13. Perhatikan Kisah 10.30 untuk melihat dua hal yang kepadanya Jesus diurapi.
6. Kesetiaan
Yesus berjanji mendahului murid-muridNya ke Galilea. Dia membuktikan ucapanNya benar-benar persis dengan kenyataan, 'pistis', karena untuk menepati ucapanNya Yesus harus pergi melalui Getsemani, Salib, kuburan, neraka, surga, dan kebangkitan. Matius 26.32.
Rencana Allah Adalah Membuat Anda Setia
Apakah ya Anda sungguh-sungguh 'Ya'? Matius 5.37
Apakah Anda menepati janji-janji Anda? Mazmur 15.5
Apakah Raja akan menyebut Anda seorang hamba yang baik dan setia? Matius 25.21
7. Kelemahlembutan
Ini adalah 'praotes', rendah hati seperti Kristus dan sikap yang lembut terhadap Allah yang menerima semua urusan Allah dengan kita sebagai sesuatu yang baik, meskipun kita tidak menyukai hal-hal itu. Yesus adalah Singa dari Yehuda, tetapi Dia juga Anak Domba Allah yang lembut, berserah kepada Bapa. Ini adalah yang lemah lembut yang berbahagia. Matius 5.5. Kita belajar dari Yesus. Matius 11.29.
8. Dapatkah Anda Menguasai Diri Sendiri?
Jika 'Tidak?' Anda membutuhkan 'egkrateia', yaitu penguasaan diri akan keinginan dan nafsu.
Yesus Mengetahui Bagaimana Mengatakan Tidak!
Dalam Lukas 4.1-14 Anda dapat melihat bagaimana Yesus menguasai diriNya sendiri pada saat lemah. Ketika Yesus lapar, iblis berkata salahgunakan kuasaMU untuk memenuhi kebutuhan pribadi mengenai makanan. TIDAK! Setan mencobai Yesus dengan jalan pintas untuk menghindari salib. TIDAK! Setan menyarankan popularitas secara cepat melalui suatu pertunjukan umum di atas atap Bait Allah. TIDAK!

Kita Perlu Bantuan Allah Untuk Mengusai Diri
Untuk menawan pikiran. 2 Kor.10.5
Untuk menjinakkan lidah. Yakobus 3.8, Kisah 2.4
Untuk mengontrol tubuh 1 Tes.4.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar