Selasa, 29 September 2009

Bagaimana menaklukkan dan membongkar fitnah/dusta/kepalsuan Saksi-saksi palsu Yehuwa?

oleh : Pdt. Budi Asali M.Div.

I - Sejarah, tokoh2, dan bahayanya Saksi Yehuwa

A. Nama 'Saksi Yehuwa'

B. Sejarah Saksi Yehuwa dan tokoh2nya

1. Charles Taze Russel

2. Joseph Franklin Rutherford

3. Nathan Homer Knorr

4. Frederick W. Franz

5. Milton G. Henschel

C. Bahayanya Saksi Yehuwa

1. Saksi-saksi Yehuwa mirip dengan kristen

2. Saksi-Saksi Yehuwa sangat giat dalam memberitakan ‘Injil’

3. Ajaran Saksi Yehuwa lebih sederhana dan lebih mudah diterima akal

4. Saksi Yehuwa melakukan pengajaran 'Firman Tuhan' yang kuat

5. Saksi-Saksi Yehuwa mempunyai cara berargumentasi yang kuat dan licik

6. Saksi-Saksi Yehuwa mempunyai ‘kehidupan yang baik’

7. Saksi-Saksi Yehuwa menggunakan literatur dengan luar biasa hebatnya

II- Keilahian Kristus

A. Ajaran Saksi Yehuwa tentang diri Yesus Kristus

1. Yesus hanyalah ‘suatu allah’

2. Yesus adalah ciptaan pertama dari Allah, dan tidak sekekal Bapa

3. Yesus adalah Anak Allah, bukan Allah sendiri

4. Yesus menjadi Anak Allah maupun Kristus / Mesias pada saat Ia dibaptis

5. Sebelum inkarnasi, Yesus adalah pribadi roh, yang punya tubuh rohani

6. Yesus adalah penghulu malaikat Mikhael

7. Saksi-Saksi Yehuwa dilarang untuk berdoa / menyembah kepada Yesus

2 tambahan

B. Dasar Kitab Suci Saksi Yehuwa dan bantahannya

1. Wah 3:14 Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah:

2. Amsal 8:22-25 TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala.

23 Sudah pada zaman purbakala aku dibentuk, pada mula pertama, sebelum bumi ada.

24 Sebelum air samudera raya ada, aku telah lahir, sebelum ada sumber-sumber yang sarat dengan air.

25 Sebelum gunung-gunung tertanam dan lebih dahulu dari pada bukit-bukit aku telah lahir;

3. Kol 1:15-20Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,

16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.

18 Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.

19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,

20 dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.

4. Yes 9:5 5 (9-4) Sebab setiap sepatu tentara yang berderap-derap dan setiap jubah yang berlumuran darah akan menjadi umpan api.

6 (9-5) Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

5. Yoh 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

6. Semua ayat yang menyebut Yesus sebagai Anak Allah

7. Yoh 5:26 dan Yoh 6:57 Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.

Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku.

8. Yoh 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

9. 1Kor 8:4-6 Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa."

5 Sebab sungguhpun ada apa yang disebut "allah", baik di sorga, maupun di bumi—dan memang benar ada banyak "allah" dan banyak "tuhan" yang demikian—

6 namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.

10. Yoh 14:28 dan Mat 24:36 Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami."

Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri."

11. 1Kor 3:23 11:3 dan 15:24,27-28 23 Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah.

3 Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.

12. Mat 4:1-11 1 Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis.

2 Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.

3 Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti."

4 Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."

5 Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah,

6 lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu."

7 Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!"

8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya,

9 dan berkata kepada-Nya: "Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku."

10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"

11 Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus.

13. Hab 1:12 Bukankah Engkau, ya TUHAN, dari dahulu Allahku, Yang Mahakudus? Tidak akan mati kami. Ya TUHAN, telah Kautetapkan dia untuk menghukumkan; ya Gunung Batu, telah Kautentukan dia untuk menyiksa.

14. Ibr 2:9a Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.

15. Ibr 5:8 & Yes 50:4-5 Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya,

Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.

5 Tuhan ALLAH telah membuka telingaku, dan aku tidak memberontak, tidak berpaling ke belakang.

16. Mark 10:17-18 / Luk 18:18-19 Pada waktu Yesus berangkat untuk meneruskan perjalanan-Nya, datanglah seorang berlari-lari mendapatkan Dia dan sambil bertelut di hadapan-Nya ia bertanya: "Guru yang baik, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"

18 Jawab Yesus: "Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorangpun yang baik selain dari pada Allah saja.

Ada seorang pemimpin bertanya kepada Yesus, katanya: "Guru yang baik, apa yang harus aku perbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"

19 Jawab Yesus: "Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorangpun yang baik selain dari pada Allah saja.

17. Mat 20:23 Yesus berkata kepada mereka: "Cawan-Ku memang akan kamu minum, tetapi hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa Bapa-Ku telah menyediakannya."

18. 1Tes 4:16 & Yudas 9 (Yesus sebagai malaikat Mikhael) Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;

9 Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: "Kiranya Tuhan menghardik engkau!"

19. Mat 3:16-17 (Yesus baru menjadi Anak Allah / Kristus pada saat baptisan) Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,

17 lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

20. Ayat-ayat sukar dari Yohanes berkenaan dengan keilahian Kristus

C. Bukti-bukti keilahian Kristus

1. 12 ayat yang secara explicit / jelas menyatakan Yesus sebagai Allah

a) Yes 9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

b) Yoh 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

c) Yoh 1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

d) Yoh 20:28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"

e) Kis 20:28 Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri.

f) Ro 9:5 Mereka adalah keturunan bapa-bapa leluhur, yang menurunkan Mesias dalam keadaan-Nya sebagai manusia, yang ada di atas segala sesuatu. Ia adalah Allah yang harus dipuji sampai selama-lamanya. Amin!

g) Fil 2:5b-7 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,

6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,

7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

h) Tit 2:13 dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus,

i) 2Pet 1:1 Dari Simon Petrus, hamba dan rasul Yesus Kristus, kepada mereka yang bersama-sama dengan kami memperoleh iman oleh karena keadilan Allah dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.

j) Ibr 1:8 Tetapi tentang Anak Ia berkata: "Takhta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran.

k) 1Yoh 5:20 Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal.

l) Wah 1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

Kesimpulan

1. Kitab Suci memberikan nama-nama ilahi untuk Yesus

2. Kitab Suci menunjukkan bahwa Yesus adalah YAHWEH sendiri

3. Yesus menyebut diriNya sendiri ‘I am’ / ‘Aku adalah’ (EGO EIMI)

a) 2 kelompok ayat dalam Injil Yohanes dimana Yesus sebut diri ‘I am’

b) Hubungan kata-kata yang menggunakan ‘I am’ ini dengan Kel 3:14-15

c) Ayat-ayat Perjanjian Lama lain yang gunakan EGO EIMI dalam LXX

d) Ayat-ayat Injil Yohanes dimana Yesus menggunakan kata-kata EGO EIMI saja

Kesimpulan

1. Yesus mempunyai sifat-sifat ilahi

2. Yesus melakukan pekerjaan-pekerjaan ilahi

3. Kehormatan ilahi diberikan kepada Yesus

4. Kol 2:9 Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan,

5. Daud menyebut Yesus, yang adalah keturunannya, sebagai ‘Tuhan’

6. KesatuanNya dengan Bapa

7. Yesus mengaku sebagai Allah / Anak Allah, dan rela mati untuk pengakuan itu

8. Setan mengakui Yesus sebagai Allah / Anak Allah dan tunduk kepada Yesus

9. Penyembahan terhadap Yesus

10. Doa kepada Yesus

11. ‘Yesus’ diidentikkan dengan ‘Tuhan’ dan ‘Allah’

Komentar ahli theologia / penafsir tentang orang yang menyangkal keilahian Yesus

III- Doktrin tentang Roh Kudus

A. Roh Kudus adalah tenaga aktif Allah

1. Argumentasi Saksi Yehuwa

2. Serangan terhadap doktrin Saksi Yehuwa

B. Roh Kudus bukan pribadi

1. Argumentasi Saksi Yehuwa

1) Pandangan bapa-bapa gereja

2) Kata ‘Roh Kudus’ sering muncul tanpa kata sandang tertentu

3) Roh Kudus turun sebagai merpati dan api, tak pernah dalam bentuk manusia

4) Ada orang2 yang ‘dipenuhi’, ‘dibaptis’, ‘diurapi’ dengan Roh Kudus

5) Bapa dan Anak punya nama, Roh Kudus tidak

6) Roh Kudus disejajarkan dengan air dan api

7) Roh Kudus dimasukkan dalam daftar sifat-sifat (2Kor 6:6)

8) Roh Kudus dibandingkan dengan anggur

9) Orang2 dipenuhi dengan roh kudus sama seperti dengan hikmat, iman, & sukacita

10) Roh Kudus digambarkan sebagai air, api, angin, dsb

11) Roh Kudus berbicara melalui manusia / malaikat

12) 1Yoh 5:6-8

2. Bukti-bukti kepribadian Roh Kudus

C. Roh Kudus bukan Allah

1. Argumentasi Saksi Yehuwa

2. Bukti-bukti keilahian Roh Kudus

D. Allah adalah sumber dari Roh Kudus

1. Saksi Yehuwa menganggap Allah adalah sumber dari Roh Kudus

2. Argumentasi Saksi Yehuwa

3. Pandangan yang benar: Roh Kudus keluar dari Bapa dan dari Anak

4. Kesimpulan

IV- Doktrin tentang Allah Tritunggal

A. Ajaran Saksi Yehuwa tentang Allah Tritunggal

1. Doktrin Allah Tritunggal membingungkan / tidak dapat dimengerti, dan bertentangan dengan 1Kor 14:33

2. Doktrin Allah Tritunggal itu berasal dari agama-agama kafir, dan baru muncul pada abad ke 4

3. Istilah ‘Tritunggal’ maupun ajaran tentangnya tidak ada dalam Kitab Suci

4. Claim / serangan Saksi-Saksi Yehuwa sehubungan dengan Sidang Gereja Nicea

a) Bapa-bapa gereja sebelum Sidang Gereja Nicea tidak mempercayai Tritunggal

b) Sidang Gereja Nicea tidak berbicara tentang Roh Kudus, dan karena itu tidak mempersoalkan Tritunggal

c) Peranan Kaisar Konstantin dalam Sidang Gereja Nicea

d) Pengakuan Iman Nicea merupakan wujud perkembangan penuh dari kemurtadan yang telah dinubuatkan oleh Yesus dan para rasul

5. Ajaran Athanasius tentang Allah Tritunggal berasal dari agama kafir Mesir

6. Ajaran tentang Allah Tritunggal berasal dari Plato / Neo-Platonism

7. Para penganut Tritunggal hidup jahat

8. Kepercayaan terhadap Tritunggal menyebabkan penyembahan terhadap Maria

9. Alkitab menyatakan bahwa Allah itu satu pribadi, bukan tiga pribadi

10. Doktrin tentang Allah Tritunggal telah mengencerkan / meniadakan ajaran Alkitab tentang keesaan Allah

B. Dasar Kitab Suci Saksi Yehuwa

1. Ul 6:4 menyatakan Allah itu esa

2. Yoh 20:17 menunjukkan bahwa Bapa adalah Allah dari Yesus

3. Mat 27:46 / Mark 15:34 menunjukkan bahwa Allah / Bapa bisa meninggalkan Yesus

4. Mat 12:31-32 menunjukkan bahwa penghujatan terhadap Roh Kudus lebih berat dari pada penghujatan terhadap Yesus

5. Yoh 6:38, 7:16 mengatakan bahwa Bapa mengutus Anak

6. Yoh 8:17-18 menunjukkan ada dua saksi

7. Kis 7:55 - Stefanus melihat Yesus berdiri di sebelah kanan Bapa

8. Wah 4:8-5:7 menunjukkan Yesus tidak mempunyai takhta

9. Mat 3:16 menunjukkan bahwa Yesus baru diurapi dengan Roh Kudus pada saat Ia dibaptis

C. Dasar Kitab Suci dari Doktrin Allah Tritunggal

1. Kitab Suci menunjukkan ketunggalan Allah

2. Kitab Suci menunjukkan adanya ‘kejamakan dalam diri Allah’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar